Sabtu, 05 Januari 2013

LOKASI SELAM MENARIK

Great Barrier Reef, QLD
Great Barrier Reef, QLD

1. Great Barrier Reef, Queensland

Jangan lupa melihat Great Barrier Reef yang terdaftar sebagai Warisan Dunia, adikarya hidup yang begitu besar sehingga dapat dilihat dari luar angkasa. Terumbu karang ini membentang lebih dari 2.000 kilometer di sepanjang pantai Queensland, mulai dari Cape York sampai Bundaberg. Temukan surga menyelam di Pulau Heron dan Lizard. Atau bermalam di Whitsundays dan naik pesawat amfibi ke terumbu karang Heart Reef yang spektakuler. Carilah tempat menginap di Cairns atau Port Douglas dan kunjungi taman terumbu karang di Pulau Green dan Fitzroy. Kemudian lakukan perjalanan wisata ke terumbu karang Agincourt Reef, di tepi landas benua. Kepakkan sepatu selam Anda melewati ngarai-ngarai karang yang penuh dengan penyu, bintang laut dan kepiting di Lady Musgrave Island dan Fitzroy Lagoon dekat Gladstone.  Jelajahi kapal karam SS Yongala dari Townsville dan kapal karam Llewellyn dari Mackay.
Ningaloo Reef, WA
Ningaloo Reef, WA

2. Ningaloo, Australia Barat

Bergabunglah dalam kemeriahan warna-warni tropis di Taman Bahari Ningaloo, terumbu karang tepi pantai terbesar di dunia. Taman Bahari Ningaloo adalah rumbah bagi 200 spesies kerang keras, 50 karang lunak dan lebih dari 500 spesies ikan.  Anda dapat snorkeling atau menyelam dangkal untuk berjumpa dengan berbagai ikan warna-warni di cagar alam terumbu karang Bundegi Bombies. Temui bunga-bunga karang, gorgonia dan cambuk laut bagai di kisah fiksi ilmiah, di mulut Exmouth Gulf.  Bergaul bersama penyu, ikan pari manta, lumba-lumba, dugong, ikan kelelawar, ikan malaikat dan ikan badut, serta yang lainnya di Lighthouse Bay. Temukan lokasi selam di terumbu karang yang spektakuler dan kehidupan bahari yang gemerlap di Murion Islands.  Antara bulan April dan Juni Anda bahkan dapat melihat dari dekat hiu paus, ikan terbesar di dunia.
Mornington Peninsula, VIC
Mornington Peninsula, VIC

3. Mornington Peninsula, Victoria

Menyelam bersama ikan pari berduri, kuda laut, sotong, cumi-cumi, landak laut, ikan kod batu dan naga laut rumput di Taman Bahari Port Phillip Heads.  Dunia bahari yang ajaib ini berlokasi di Semenanjung Mornington, hanya satu jam berkendara dari Melbourne.  Temukan pesona aneka ikan, burung dan anjing laut yang berlimpah di cagar alam mungil Popes Eye.   Berenang bersama lumba-lumba di Sorrento.  Turun 8 sampai 18 meter, melewati jurang, gua dan lereng bawah laut di Kelp Beds Reef.   Atau menyelamlah lebih dalam lagi di Port Phillip Heads, yang menyediakan wall dives, drop off dan kapal-kapal selam yang tenggelam sejak Perang Dunia I.  Anda dapat belajar selam di Portsea Pier dan temukan warna-warni ragam ikan di jalur sekitar Rye Pier.
Governor Island Marine Nature Reserve, TAS
Governor Island Marine Nature Reserve, TAS

4. East Coast Dive Trail, Tasmania

Kunjungi 11 lokasi selam yang spektakuler di sepanjang pantai timur Tasmania, mulai dari Binalong Bay sampai Tasman Peninsula.  Perairan hijau-biru yang jernih ini memiliki daya pandang antara 10 sampai 40 meter.  Saksikan kuda laut berperut besar dan naga laut rumput saat menyelam di tepi pantai Waubs Bay, di dekat Bicheno.   Meluncurlah di antara anemon cantik dan kelompok ikan perch kupu-kupu di Cagar Alam Bahari Governor Island.  Berenang melewati gua-gua mempesona di Isle de Phoque, yang juga merupakan rumah bagi koloni besar anjing laut.  Selami kapal karam Troy D di dekat Maria Island atau terjunlah dari perahu untuk memasuki terumbu karang besar dan gua-gua di Waterfall Bay.  Telusuri Fortescue Bay Kelp Forest atau ke sekitar SS Nord, yang tenggelam sedalam 40 meter di tahun 1915.
Baird Bay, SA
Baird Bay, SA

5. Baird Bay, Australia Selatan

Berenang, snorkeling atau menyelam di bawah air bersama singa laut dan lumba-lumba hidung botol yang lucu di Baird Bay yang tenang di Semenanjung Eyre.  Desa nelayan ini menjadi terkenal karena koloni singa laut yang sudah terancam punah dan tinggal di tepi pantai laguna yang terlindung.  Saksikan dari dekat singa-singa laut dan anak-anaknya berloncatan di air yang jernih.  Tataplah mata coklat mereka yang hangat dan biarkan mereka menyentuh dan mengajak Anda untuk turut bermain.  Selami laut yang lebih dalam bersama kelompok lumba-lumba yang lucu dan sangat lincah.  Di Port Lincoln yang terletak tak jauh dari sini, Anda dapat berenang bersama ikan tuna dan cumi-cumi, bahkan menyelam dalam kerangkeng untuk bertemu hiu putih raksasa.
Darwin Harbour, Teritorial Utara
Darwin Harbour, Teritorial Utara

6. Darwin Harbour, Teritorial Utara

Menyelamlah ke kapal-kapal karam dari zaman Perang Dunia II dan terumbu karang pantai yang penuh dengan ikan di Pelabuhan Darwin yang hangat.  Sekitar dua minggu sekali, arus ombak akan membuka rahasia bawah laut ini.  Berenanglah di antara rangka kapal-kapal yang telah tertutup lumut, tenggelam saat serangan udara di tahun 1942, dan kini telah menjadi rumah bagi ikan trout karang, hiu wobbegong, jewfish dan barakuda.  Saksikan gorgonia, pohon karang lunak, karang harpa, bunga karang vas dan ascidian di terumbu dangkal yang berjajar di kedua sisi pelabuhan.  Alami “flamingo sunset” yang tersohor di Darwin  sebelum menyelam malam di laut yang hangat dan sebening kaca.  Anda akan menemukan landak laut pensil dan terkadang gurita di perairan yang diterangi cahaya alam ini.
Gordons Bay, NSW
Gordons Bay, NSW

7. Clovelly dan Gordons Bay, New South Wales

Jumpai kawanan ikan warna-warni di perairan Clovelly yang cantik serta di Gordons Bay di sebelahnya.  Di sini, hanya delapan kilometer dari pusat bisnis Sydney, cumi-cumi raksasa dan aneka ikan seperti kerapu biru, bream, kakap, kingfish, flathead dan eastern blue devilfish memenuhi laut.  Cobalah menyelam malam di Clovelly Pool yang terlindung atau bersama ombak-ombak yang lebih besar di Sharks Point, di ujung utara Clovelly.  Telusuri Gordons Bay di Underwater Nature Trail sejauh 500 meter, melewati batuan karang, hamparan pasir dan hutan ganggang.  Di antara makhluk-makhluk bahari yang biasa dijumpai, Anda juga akan menemukan weedfish, naga laut, wobbegong dan hiu Port Jackson, serta bintang laut, siput laut dan landak laut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar